ORARI  Lokal Tangerang Selatan menggelar acara Jota-Joti (Jamboree On The Air-Jamboree On The Internet) selama 2 hari di Institute Teknologi Tangerang Selatan (ITTS), yang beralamat di Komplek Komersial BSD, Jl. Raya Serpong Jl. Komp. Bsd No.Kav. 9, Lengkong Karya, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten, Sabtu dan Minggu (15-16/10/2022).

Pengurus dan anggota ORARI Lokal Tangerang Selatan, jauh-jauh hari telah mempersiapkan acara ini sebaik-baiknya, serta mempertimbangkan lokasi, sarana/prasarana, agar perhelatan Kepanduan tingkat dunia  yang diprakarsai oleh World Organization of the Scout Movement/WOSM ini dapat terselenggara dengan baik.

Pejabat Ketua ORARI Tangerang Selatan, Sunu Tikno/YB1XST, saat wawancara menyatakan, “ Kami sangat mempertimbangkan tempat dalam pelaksanaan JOTA-JOTI kali ini. Kami memilih kampus untuk meningkatkan brand awareness (Citra) ORARI pada segment mahasiswa, dengan harapan, mereka terinspirasi untuk bergabung di dalamnya, karena  melihat kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh adik-adik Pramuka, “ORARI has to go to campus”. Secara terpisah, Sunu juga memotivasi anggota Pramuka untuk menggeluti amatir radio serta menjadi anggota ORARI. Dalam sambutannya pada pembukaan JOTA-JOTI, Sunu menyampaikan, “ORARI adalah organisasi yang dinamis, dan selalu mengikuti perkembangan zaman. Astronot saja diwajibkan menjadi amatir radio, mereka juga harus ujian untuk mengantongi license (Izin Amatir Radio), karena  mereka mengoperasikan radio di stasiun luar angkasa (Amateur Radio on International Space Statiun)”. Kepada Pramuka Sunu berpesan agar adik-adik Pramuka mengikuti acara ini dengan sebaik-baiknya, menanyakan hal yang belum diketahui, serta mempraktekannya.

Rektor ITTS, Onno Purbo yang menyandang call sign YC0MLC, menyambut baik kerjasama ORARI Lokal Tangerang Selatan dengan ITTS dalam menyelenggarakan JOTA-JOTI. Ono juga berkeinginan untuk menjalin kerjasama dengan ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, untuk  membangun stasiun radio di Institute yang dipimpinnya.  Ono menyatakan, “Kami ingin membangun stasiun radio disini, dan kami juga mengharapkan agar Amatir Radio Lokal Tangerang Selatan menjadi mentor (pendamping) mahasiswa kami, terutama mahasiswa jurusan Teknik Elektro yang perlu belajar dan mempraktekkan ilmu tersebut”. Pungkasnya.

Yongky Octavia Johannes/YB1RKT, selaku Ketua Panitia JOTA-JOTI 2022 menyampaikan, “Selama 2 hari, kami mempersiapkan materi untuk adik-adik Pramuka secara lengkap. Materi-materi yang disampaikan antara lain; Pengenalan Amatir Radio/SOP, CW (Morse), Homebrewer, ARDF (Fox Hunting), Satelit, Core Communication dan DX-ing (Portabe & DX-pedition). Kami juga membangun stasiun radio (VHF & HF) dengan antenna multi-band, agar adik-adik Pramuka dapat mempraktekkan apa yang mereka pelajari”. Yongky yang juga Ketua Bidang Operasi dan Teknik (KBOT) ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan menuturkan terimakasih kepada Amatir Radio Lokal Tangerang Selatan yang telah mendukung terselenggaranya acara ini dengan baik. Selanjutnya, kita ketemu lagi dalam acara Tangerang Selatan Award yang jatuh pada bulan November”. Imbuhnya.

Djoko Marjono Susilo/YB1TJ, Ketua Bidang Operasi dan Teknik (KBOT) ORARI Pusat yang hadir sebagai pemateri pada ajang ini,  turut berbagi pengetahuan komunikasi Amatir Radio via Satelit. Djoko menerangkan prinsip dan prosedur komunikasi Amatir Radio Satelit secara lugas, agar adik-adik Pramuka yang merupakan kaum milenial tertarik untuk mencoba dan menekuni hobby sebagai Amatir Radio, kelak mereka yang akan menggenggam tongkat estafet organisasi ini.

YC1RDH/MU

Berikut ini foto – foto dokumentasi kegiatan

By YD1RDH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *