Kegiatan ORARI LOKAL KOTA TANGERANG SELATAN dengan Tema Pengenalan dan Pembekalan Amateur Radio Direction Finding ( ARDF ) . Dengan HADIAH bagi para peserta dimna kegiatan ARDF ini adalah salah satu dari sekian banyak kegiatan dalam kegiatan amatir radio.

dalam kesempatan ini Bp. Sunu Tikno -YB1XST selaku pj.ketua lokal orlok Tangsel mengatakan agar dengan kegiatan ini , diharapkan para anggota mempunyai tingkat kemampuan dan pengalaman yang baik dalam ARDF dan siap terjun dalam event-event yang ada.

disamping itu harapan dari Pj. ketua lokal agar banyak anggota anggota dan calon anggota yang semakin berminat dengan kegiatan ini.

di kesempatan lain BP H.Harianto – YC1UHL atau yang biasa di panggil OM jigal mengatakan, kegiatan ini tidak akan berhenti pada sebatas anggota saja. Nantinya kegiatan ini akan mengajak peserta dari non anggota dan adik- adik pramuka guna menjaring minat pada kegiatan ARDF khususnya dan amatir pada umumnya

dengan adanya kegiatan ini diharapkan juga semakin erat jalinan silaturahmi antar anggota orlok Tangsel

sampai ketemu pada kegiatan-kegiatan orlok tangsel berikutnya

TETAP TENANG dan TETAP SENANG

Juara I Latihan ARDF orlok tangsel

PENGENALAN

Amateur Radio Direction Finding
Pencarian arah radio amatir (ARDF) adalah olahraga balap amatir yang menggabungkan pencarian arah radio dengan peta dan keterampilan kompas orienteering.
Ini adalah perlombaan berjangka waktu di mana pesaing individu menggunakan peta topografi, kompas magnetik, dan alat pencari arah radio untuk menavigasi melalui medan yang beragam sambil mencari pemancar radio. Aturan olahraga dan kompetisi internasional diselenggarakan oleh International Amateur Radio Union.

Olahraga ini paling populer di Eropa Timur, Rusia, dan Cina, di mana olahraga ini sering digunakan dalam program pendidikan jasmani di sekolah.
Acara ARDF menggunakan frekuensi radio pada pita radio amatir dua meter atau delapan puluh meter. Kedua band ini dipilih karena ketersediaannya yang universal untuk pemegang lisensi radio amatir di semua negara.

Perangkat radio yang dibawa oleh peserta lomba di lapangan harus mampu menerima sinyal yang dipancarkan oleh lima pemancar dan berguna untuk mencari arah radio, termasuk penerima radio, attenuator, dan antena pengarah. Sebagian besar desain peralatan mengintegrasikan ketiga komponen ke dalam satu perangkat genggam.

selamat berlatih dan salam 73

By YC1RGF

One thought on “Orlok Tangsel Menggelar Pengenalan ARDF guna meningkatkan pengetahuan anggota dan menjalin silaturahmi antar anggota.”
  1. Sebagai anggota baru ORARI saya Rusdi Imawan /YD1SCZ mengharapkan pengurus ORLOK Tangsel dapat memberikan tambahan pengetahuan teknis radio bagi pemula seperti saya. Dan mungkin bagi kawan-kawan lainnya yang berminat untuk memperdalam pengetahuan teknik radio.
    Semoga pengurus ORLOK Tangsel dapat membuka kesempatan belajar ini.
    Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *