DOWNLOAD PIAGAM NYA Disini !!

https://bit.ly/3ncqmja


Peringati HUT ke-76, Komando Daerah Militer III/Siliwangi menggandeng ORARI dalam pagelaran, “Sail Siliwangi” yang dimulai pada, Minggu 12 Juni 2022, sampai dengan Sabtu, 18 Juni 2022.

Sail Siliwangi, merupakan pelayaran di kewilayahan pertahanan KODAM III/Siliwangi, yang meliputi provinsi Jawa Barat dan provinsi Banten. Acara ini dikemas dalam bentuk Special Event Station (SES), dengan panggilan 8H1SS yang berlangsung di atas kapal yang sedang berlayar. Stasiun amatir radio  baik darat dan laut, dapat berpartisipasi dengan memanggil stasiun tersebut pada frekuensi 20 & 40 Meter Band.

Panglima Kodam (Pangdam)III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo menyambut baik kegiatan perdana ini. Kunto yang ikut serta dalam acara ini, mempersilahkan perwakilan ORARI untuk memasang stasiun radio pada kapal TNI-AD pengangkut alutsista yaitu kapal ADRI-XLVI (46).

Mewakili ORARI, Budi Suchaeri/YC1RQZ, yang merupakan pemimpin regu (Team Leader) kegiatan SES: 8H1SS, mengungkapkan kegembiraannya atas terlaksananya event (kegiatan) tersebut. ” Ini pengalaman pertama kami menggelar SES di atas kapal yang sedang berlayar. Selain radio komunikasi HF, kami juga menggunakan radio tracking untuk menentukan posisi kapal, dan juga memasang antena dipole dan delta loop untuk stasiun bergerak seperti ini”. Budi yang juga Ketua Bagian Teknik, ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan
menambahkan, “Ada 400 stasiun amatir radio yang berkomunikasi dengan kami, saat event ini berlangsung. Indonesia adalah negara kepulauan, kegiatan Maritime Mobile, seperti ini harus sering dilakukan “. Jelasnya dengan semangat.

Benny Cahyo/YB1RET, yang menjadi operator pada kegiatan ini menyatakan. ” Ini adalah pengalaman baru saya menggunakan perangkat APRS (Automatic Packet Reporting System) saat berlayar, sehingga posisi kita saat melakukan QSO (berkomunikasi) terpantau dengan jelas”. Benny  yang juga menjabat Ketua Bagian Operasi, ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan menerangkan, “Kami juga sempat berkomunikasi dengan stasiun amatir luar negeri yang juga sedang berlayar. Kegiatan maritime mobile seperti ini harus terus digalakkan”. Pungkasnya.

Hidayat Wijanarko Ekonoputro/YC1XDS,  Kasie Communication & Rescue, ORARI Lokal Kota Tangerang Selatan, yang turut pada kegiatan ini, menuturkan pengalamannya saat berada di atas kapal. “Merupakan pengalaman yang berharga, bisa menjadi operator pada kegiatan ini. Semoga kerjasama KODAM Siliwangi dan ORARI terus berlanjut. Imbuh nya. (YD1RDH/MU)

By YD1RDH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *